Istilah-Istilah Pada Processor Notebook Atau PC / Komputer

Istilah Pada Processor Notebook Atau PC - Sobat Techniquely, bagi para master di bidang komputasi teknis mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah-istilah yang sering tercantum dalam spesifikasi prosesor dalam sebuah notebook atau PC. Apalagi para overclocker yang memang prosesor telah menjadi 'makanan utama' keseharian mereka tentunya sudah sangat familiar mengingat istilah-istilah tersebut merupakan suatu frase yang sering tercantum dalam hasil test.

Istilah Pada Processor Notebook Atau PC / Komputer
Namun, untuk para newbie ataupun pengguna non-teknis yang sudah mahir sekalipun kadang kebingungan jika menghadapi istilah-istilah teknis tersebut. Biasanya kebingungan tersebut datang saat hendak membeli notebook / laptop terbaru dengan sederet fitur yang tentunya baru pula. Alhasil, pemilihan produk yang hendak dibeli dan dipergunakan hanya mengacu pada rekomendasi seller ataupun retailer tempat produk tersebut diperjual belikan. Terkadang juga dengan menebak apa yang sedang trend mengenai sebuah merk / model laptop dijadikan acuan, bahkan dengan menebak harga yang berada pada kisaran sekian sudah dapat disimpulkan bahwa barang dalam hal ini laptop yang dimaksud sudah memenuhi kriteria yang diperlukan.

Keuntungan Mengetahui Istilah-Istilah Teknis Pada Laptop / PC

Metode-metode demikian memang tidak sepenuhnya salah, apalagi jika memiliki budget berlebih apa salahnya membeli laptop dengan spesifikasi tinggi sehingga dapat dijamin memiliki teknologi terbaru dengan fitur lengkap. Namun, untuk budget pas-pasan alangkah baiknya mempertimbangkan pembelian produk dengan mengetahui terlebih dahulu spesifikasi teknis dari laptop / PC yang bersangkutan. Apa tujuannya dan apa untungnya ? Tentu saja efesiensi budget yang kita miliki. Untungnya adalah dapat menghindari fitur yang mubazir, sedangkan fitur yang kita butuhkan tidak tersedia.

Kasus seperti ini tak jarang terjadi, dimana seseorang membeli sebuah notebook dengan merk XXX dan model YYY dengan acuan laptop tersebut merk ternama dengan model terbaru dan sedang trend. Alangkah kecewanya saat orang tersebut menghampiri petugas di sebuah service center dan mengeluh tidak bisa menjalankan program tertentu, dan ternyata spesifikasi laptop yang dibelinya tidak mendukung dan tidak diperuntukkan untuk fitur tersebut. Disinilah letak keuntungan mengetahui sesuatu yang hendak kita beli, jangan sampai seperti istilah "membeli kucing dalam karung".

Mengetahui istilah-istilah pada prosesor notebook memang tidak terlalu penting untuk pengguna non-teknis. Namun rasanya tak ada salahnya kita melirik sedikit lebih dalam mengenai barang yang sering / akan kita gunakan untuk efektifitas dan efisiensi budget yang kita keluarkan. Selain itu, kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan dengan spesifikasi yang tepat. Bahasan ini sekaligus merupakan kelanjutan dari bahasan sebelumnya mengenai tips membeli laptop gaming sesuai budget.

Istilah-Istilah Pada Processor Notebook Atau PC

Istilah Pada Processor Notebook Atau PC / Komputer
Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering dijadikan acuan dalam mengetahui spesifikasi processor notebook / PC yang kita butuhkan. Terutama untuk penggunaan advanced, melirik spesifikasi rasanya memang perlu dilakukan untuk mendapatkan spesifikasi yang tepat.

  • Clock Speed

Kecepatan sebuah processor berdasarkan nilai yang tertera pada spesifikasi prosesor itu sendiri. Nilai ini merupakan acuan secara umum yang digunakan sebagai indikator kecepatan sebuah prosesor, terutama sebagai pembanding dengan prosesor lainnya dalam keluarga yang sama. Prosesor masa kini menggunakan satuan Hertz pada skala Giga, misalkan sebuah prosesor beroperasi pada kecepatan 3.0 GHz.

  • Socket

Socket adalah tipe konektor yang menghubungkan prosesor dengan mainboard. Socket secara luas digunakan pada mainboard PC, sedangkan pada notebook hanya digunakan pada tipe tertentu saja yang mendukung fitur upgradable.

  • Core

Core adalah jumlah inti prosesor biasanya dinyatakan dalam istilah signgle, dual, triple, quad, hexa dan octa yang secara berurutan berarti 1, 2, 3, 4, 6, dan 8.

  • Multiplier

Multiplier merupakan faktor perkalian sebuah prosesor yang merupakan sebuah siklus dalam sebuah rangkaian set. Misalkan jika sebuah CPU / prosesor beroperasi pada clock 150 MHz dan memiliki multiplier 20x maka clock speed prosesor tersebut adalah 3.0 GHz.

  • Front Side Bus (FSB)

Pengukuran kecepatan transfer data antara chipset northbridge dan southbridge melalui prosesor (biasanya Intel). Istilah FSB digunakan pada prosesor Intel terdahulu sedangkan Intel masa kini lebih sering menggunakan istilah DMI.

  • Direct Media Interface (DMI)

Pengukuran kecepatan transfer data antara chipset northbridge dan southbridge melalui prosesor tersebut. Metrik ini berlaku pada prosesor dari kelurga Intel terbaru dan diukur dengan skala GT/s atau Giga Transfer per second.

  • Cache

Cache merupakan ruang penyimpanan data sementara yang digunakan prosesor untuk melakukan pertukaran data. Cache berguna untuk mengurangi waktu rata-rata yang digunakan untuk mengakses data dari memori utama.

  • Instruction Set

Satuan set instruksi yang digunakan oleh prosesor dalam menangani data setiap periode waktu tertentu, prosesor masa kini telah mendukung instruction set 64-bit dimana merupakan nilai tertinggi saat ini untuk komputer kelas komersial mainstream.

  • Litografi / Litography

Litografi mengacu pada teknologi semikonduktor yang digunakan untuk memproduksi sirkuit terpadu (IC) dan dinyatakan dalam satuan nanometer (nm), nilai ini menunjukkan ukuran fabrikasi arsitektur sebuah semikonduktor.

  • Thermal Design Power (TDP)

Daya rata-rata sebuah prosesor saat beroperasi yang dinyatakan dalam satuan Watts.

  • Virtualization Technology

Teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor untuk menjalankan virtualisasi, dengan kata lain sebuah sistem operasi yang berjalan didalam sistem operasi utama. Ini berlaku jika kita hendak menginstal lebih dari satu sistem operasi dalam satu mesin tetapi tidak memerlukan booting untuk berpindah ke sistem operasi lainnya sehingga memerlukan waktu yang lebih singkat.

Dengan mengetahui istilah-istilah pada prosesor notebook terbaru masa kini setidaknya kita tidak kebingungan saat hendak memilih produk laptop / notebook yang akan kita beli. Dengan begitu kita bisa mendapatkan spesifikasi yang dibutuhkan tanpa khawatir menyesal di kemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 comments