Cara Mengakses Website Yang Diblokir Menggunakan Web Proxy

Berinternet memang menyenangkan, apalagi browsing sana sini mencari sumber pengetahuan baru yang belum kita ketahui. Namun terkadang saat sedang asyik berseluncur tiba-tiba ada website yang tidak bisa dibuka alias diblokir oleh operator. Padahal website tersebut muncul di hasil pencarian search engine, namun kita tidak dapat melakukan akses terhadap website tersebut.

Memang ada beberapa alasan yang mendasari para operator atau ISP memblokir beberapa website tertentu. Alasan tersebut diantaranya website tersebut mengandung konten negatif seperti pornografi, phising atau penipuan dan gambling atau perjudian. Konten tersebut memang tidak sepenuhnya dilarang namun untuk aturan di negara kita, konten tersebut memang dibatasi. Alasan lainnya mungkin menyangkut kebijakan perusahaan ISP atau operator yang bersangkutan untuk tidak mengijinkan pengguna mengakses website tertentu sekalipun website tersebut tidak menyalahi aturan yang berlaku di negara kita.
Cara Mengakses Website Yang Diblokir Menggunakan Web Proxy
Ilustrasi : www.techswatch.com

Cara Mengakses Atau Membuka Website Yang Diblokir Menggunakan Web Proxy

Untuk melakukan akses terhadap website yang diblokir oleh operator atau ISP dan menghindari pemblokiran, caranya sangatlah mudah. Pada kesempatan ini kita akan menggunakan web proxy untuk melewati atau menghindari pemblokiran. Kelemahan dari cara ini adalah pada beberapa web proxy, terkadang komponen website seperti javascript tidak dapat bekerja. Namun terkadang ada beberapa web proxy yang menyediakan pengaturan terhadap komponen website sehingga dapat berfungsi layaknya akses secara langsung.

Untuk dapat mengakses website yang diblokir menggunakan web proxy, caranya sebagai berikut :
  1. Lakukan pencarian di search engine dengan kata kunci "free web proxy"
  2. Setelah halaman pencarian tampil, pilih salahsatu website yang nangkring di halaman pertama.
  3. Pada percobaan yang saya lakukan, saya mendapati web proxy dengan alamat https://hide.me/en/proxy,
  4. Buka halaman tersebut (halaman yang anda dapat bisa saja berbeda) dan masukkan url website yang diblokir.
  5. Tekan Enter atau klik tombol Surf untuk melakukan browsing.
Anda mungkin bertanya, mengapa harus melakukan pencarian terlebih dahulu ? Sebenarnya bisa saja kita menyimpan daftar web proxy untuk dapat digunakan sewaktu-waktu, atau membookmark salahsatu web proxy yang sering kita gunakan untuk mempermudah akses. Langkah seperti itu bisa saja dilakukan, namun menurut pengalaman yang saya dapat, web proxy tidak ada yang abadi atau berumur panjang. Saya sebelumnya pernah menyimpan bookmark dan daftar web proxy untuk melakukan surfing secara anonymous dan mengakses website yang diblokir. Namun ternyata, daftar tersebut sis-sia karena banyak web proxy yang mati.

0 comments