Menambahkan Daftar DNS Pada DNS Jumper

Sebelumnya saya sudah sempat membahas mengenai DNS Jumper untuk melakukan setting DNS komputer anda secara otomatis. Pada kesempatan ini, saya akan mencoba melakukan kustomisasi terhadap DNS jumper yaitu menambahkan daftar DNS Server dari daftar default yang sudah ada. Tujuannya adalah untuk memudahkan penyetingan di penggunaan berikutnya agar supaya tidak usah repot memasukkan DNS secara manual di DNS Jumper.

Pada tutorial kali ini, kita akan menambahkan DNS Nawala dan DNS Telkom Speedy yang menurut sebagian orang merupakan DNS tercepat di Indonesia. Dengan menambahkan DNS tersebut kedalam daftar DNS Jumper, setting DNS berikutnya akan lebih mudah dengan hanya melakukan beberapa klik tanpa harus melakukan isian secara manual.

Cara Menambahkan Daftar DNS Pada DNS Jumper

Menambahkan Daftar DNS Pada DNS Jumper
Untuk menambahkan daftar DNS pada DNS Jumper, sebenarnya ada dua cara. Cara yang pertama adalah mengedit file konfigurasi yang terdapat pada folder / direktori DNS jumper atau folder tempat DNS Jumper berada. Cara ini terbilang mudah namun bagi beberapa orang mungkin akan terasa merepotkan. Cara kedua adalah dengan melakukan pengaturan langsung [ada DNS Jumper. Cara ini tentulah lebih mudah dan simpel tanpa harus mencari file konfigurasi DNS Jumper. Untuk menambahkan daftar DNS Jumper, langkah-langkahnya adalah :
  1. Buka dan jalankan DNS Jumper.
  2. Klik tombol DNS Options pada DNS Jumper yang letaknya berada di sebelah kanan.
  3. Setelah muncul jendela DNS Settings, isikan masing-masing DNS pada kotak yang sudah disediakan. Misalkan saja kita hendak menambahkan DNS Nawala pada daftar DNS Jumper.
  4. Jangan lupa klik tanda panah keatas pada bagian "Row" yang terletak di sebelah kanan untuk membuat baris baru.
  5. Beri nama pada kolom DNS Server Name dan klik Add untuk menambahkan kedalam daftar DNS Jumper.
  6. Lakukan langkah yang sama jika ingin menambahkan daftar yang lain.
  7. Selesai.
Kini kita bisa melakukan penggantian DNS Nawala melalui DNS Jumper dengan hanya beberapa klik. Untuk daftar DNS asal Indonesia, lihat post sebelumnya mengenai Daftar DNS Server Indonesia.
Semoga bermanfaat.

0 comments